Sabtu, 11 Desember 2010

Dampak teknologi dan solusinya


     Adanya  perkembangan IPA dan Teknologi timbullah cabang ilmu pengetahuan baru antara lain :
-          teknik modern yang terdiri dari teknik penerbangan, teknik kimia, teknik sipil, teknik nucleur, teknik listrik, teknik mekanik
-          teknologi hutan
-          teknologi gedung
-          metalurgi
-          teknologi transportasi dan lain-lain

Dengan menggunakan cabang-cabang ilmu pengetahuan baru tersebut kita dapat memperoleh hasil, misalnya :
-          Penggunaan teknik kimia, orang dapat mendirikan industri kimia dasar yang dapat menghasilkan bahan-bahan dasar untuk keperluan industri lain seperti asam sulfat, nitrat, klorida, asam cuka dan lain-lain.
-          Penggunaan teknik nucleur, orang dapat membuat reaktor nucleur yang dapat menghasilkan zat-zat radio aktif, dimana zat-zat ini dapat dimanfaatkan untuk maksud-maksud damai. Misalnya untuk keperluan bidang kesehatan (sinar rontgen).
-          Penggunaan teknik mekanik, dengan ilmu tersebut manusia dapat membuat desain dan pembuatan bermacam-macam mesin, dari instrumen yang sangat halus sampai lokomotif, dan mesin-mesin yang sangat kompleks
-          Penggunaan teknik penerbangan, telah berkembang pesat, dari pesawat yang sederhana sampai pesawat terbang mutakhir dapat dibuat oleh para ahli
-          Penggunaan teknologi hutan, dengan kemajuan teknologi sekarang telah ada teori bagaimana mengolah hutan, di mana manusia dapat memperoleh hasil, tetapi kelestariannya tetap terjaga. Misalnya telah terencana kapan dan berapa banyak pohon ditebang, kapan harus diadakan peremajaan, dan lain-lain.

Dampak negatif

-          timbulnya negara kaya dan miskin (karena persaingan teknologi)
-          penerapan teknologi nuklir menimbulkan kegelisahan bagi umat manusia, karena mengancam perdamaian dunia
-          kurang adanya hubungan yang serasi antara sistem produksi, sistem ekonomi, dan sistem ekologi, sehingga dalam memproduksi hanya berpedoman pada sistem ekonomi tanpa memperhatikan sistem ekologi. Akibatnya, terjadilah pemakaian dan pemborosan sumber daya alam secara berlebihan dan kurang memanfaatkan sumber daya manusia yang melimpah karena dianggap kurang ekonomis.
-          Usaha manusia untuk menaklukkan alam melalui sains dan teknologi yang semula bertujuan untuk menyejahterakan kehidupan manusia, membuat kehidupan di bumi semakin nyaman ternyata mengakibatkan pemusatan kekusaan terhadap alam pada sejumlah kecil manusia di bumi (yang menguasai sains dan teknologi) yang akhirnya dapat menjadi penguasaan terhadap manusia lain (yang tidak menguasai sains dan teknologi)
-          Saling curiga antara kelompok-kelompok mengakibatkan masing-masing kelompok/negara berusaha mempersiapkan diri menghadapi segala kemungkinan kurang menguntungkan dirinya, maka berlomba-lombalah negara maju membuat berbagai senjata mutakhir yang dapat digunakan untuk mempertahankan diri.

Usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk mencegah, mengurangi, atau menekan adanya dampak negatif dari perkembangan IPA dan teknologi, misalnya :
 1) Di dalam mengembangkan teknologi harus memperhatikan azas ekosistem
     Contoh: Pengembangan teknologi minyak bumi selalu memikirkan pencemaran udara dan pencemaran air yang ditimbulkannya.

2) Selalu mengadakan monitoring
    Selalu mengadakan monitoring, analisa dan evaluasi sehingga dapat diketahui sampai sejauh mana gangguan yang diakibatkan oleh perkembangan IPA dan teknologi terhadap ekosistem. Hal ini sangat penting untuk pengambilan keputusan apakah suatu teknologi masih dapat diajukan bahkan untuk dikembangkan.

3) Di dalam merencanakan penggunaan dan pengembangan teknologi perlu memanfaatkan hasil monitoring, analisa, dan evaluasi yang telah ada sebagai masukan. Masukan tersebut dapat dipergunakan sebagai dasar perbaikan di dalam suatu perencanaan untuk mencegah atau mengurangi dampak negatif.

4) Mengembangkan teknologi proteksi
     Yaitu pengembangan teknologi yang telah dilengkapi dengan usaha-usaha pencegahan dampak negatif yang mungkin terjadi. Misalnya teknologi di bidang pertanian, bahwa untuk menaikkan produksi dipergunakan bibit unggul, penyediaan pupuk  yang sesuai dengan jenis tanah, sistem pengairan yang cukup, dan untuk mencegah timbulnya serangan hama disediakan pestisida.

5) Mengembangkan teknologi daur ulang
     Merupakan teknologi untuk menjawab tentang tantangan  berbagai bentuk keborosan sumber daya alam dan penanggulangan limbah. Yaitu suatu teknologi di mana dilakukan pemrosesan kembali terhadap bahan buangan. Misalnya, suatu pabrik memproses kembali bahan buangannya sebelum dibuang.

6) Mengembangkan teknologi tepat guna
    Teknologi tepat guna banyak dikembangkan terutama di negara-negara yang sedang berkembang, karena dirasakan sesuai dengan kondisinya.
Adapun ciri-ciri teknologi tepat guna adalah :
-          teknologi yang tidak memerlukan pengetahuan teknik yang tinggi
-          mudah dilaksanakan/bersifat sederhana
-          dapat meningkatkan nilai suatu sumber daya alam
-          bermanfaat bagi orang banyak
-          dapat mendukung teknologi di bidang lain
-          sebagai contoh penggunaan teknologi bio gas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar